Bulan Sehat ILMIKI (BSI)

Bulan Sehat ILMIKI (BSI) merupakan sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yang tahun ini akan dilaksanakan dalam bentuk online campaign terkait Optimalisasi Peran Keluarga Pada Pertolongan Pertama Dalam Perawatan Demam dan Donor Darah Sukarela (DORAS). Online campaign pra webinar telah dilaksanakan pada 5-8 April 2021 dengan sebelumnya dilakukan open volunteers untuk seluruh mahasiswa D-1, D-3, S-1 Ilmu Keperawatan untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Online campaign dilaksanakan dengan bentuk kegiatan yang berbeda setiap harinya. Adapun bentuk kegiatannya berupa upload materi Test Your Knowledge, This or That, penggunaan filter, dan upload twibbon yang akan dilakukan via platform Instagram.
Berbeda dari tahun lalu, BSI tahun ini juga mengadakan webinar pada 10 April 2021 sebagai puncak rangkaian online campaign Bulan Sehat ILMIKI (BSI) dengan Ibu Itsna Luthfi Kholisa, S.Kep., Ns., MN sebagai pembicaranya. Webinar ini mengusung topik “Optimalisasi Peran Keluarga dalam Perawatan Demam”. Kemudian, rangkaian Bulan Sehat ILMIKI (BSI) ditutup oleh kegiatan Donor Darah Sukarela (DORAS) yang telah dilaksanakan secara luring (luar jaringan) pada 11 April 2021. Kegiatan ini dilaksanakan merger dengan Palang Merah Indonesia (PMI) unit Kota Yogyakarta. Prosedur kegiatan donor darah sukarela ini telah menyesuaikan
dengan kondisi pandemi. Sebelum melakukan donor darah, peserta telah dilakukan screening terlebih dulu untuk mengurangi risiko penyebaran virus Covid-19 dan terbentuknya klaster baru. Jumlah peserta yang terlibat pada seluruh rangkaian kegiatan BSI 2021 kurang lebih sekitar 200 partisipan yang terdiri dari mahasiswa dan umum.

Tujuan diadakannya kegiatan BSI ini adalah
1. Meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia terkait kesehatan.
2. Meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan.
3. Memberikan peran aktif dalam pembangunan Sustainable Development Goals.
4. Memberikan dukungan kepada pemerintah guna terlaksananya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).
5. Sumber informasi bagi tenaga kesehatan, khususnya perawat, dan masyarakat umum.

Sospelmas

Sosial Pelayanan Masyarakat

Categories: HIMIKASospelmas

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.